Monday, 12 October 2020

Saya mendapatkan banyak pengalaman, baik negatif maupun positif, dari mengajar di salah satu sekolah dasar (SD) negeri di Klaten selama setahun terakhir. Semua pengalaman itu dapat menjadi bahan refleksi untuk saya menyiapkan diri menghadapi tahun pelajaran baru.

Monday, 12 October 2020

Akhir tahun 2019 kemarin pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka. Sebagai guru honorer, saya gembira sekali menyambut kabar tersebut, apalagi saya sudah memiliki sertifikat pendidik. Tes seleksinya dilaksanakan pada 2020. Berbagai persiapan saya lakukan, mulai dari pengumpulan berkas hingga membeli buku untuk belajar.

Monday, 12 October 2020

Awal 2019 adalah saat saya merasa gagal menjadi guru. Waktu itu seorang siswa di kelas saya, kelas 5, tidak mau masuk sekolah dan akhirnya pindah sekolah. Kejadian itu membuat saya down, merasa gagal dan tidak mampu mengatasi masalah. Semangat dan kepercayaan diri saya pun menurun.

Monday, 12 October 2020

Menurut peraturan yang berlaku, guru profesional harus menguasai empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Saya adalah guru yang sudah memenuhi kriteria di atas. Meskipun demikian, saya tetap menghadapi tantangan dalam menjalankan peran sebagai guru profesional.