Catatan Perjalanan Guru

Merasa Gagal Menjadi Guru

Awal 2019 adalah saat saya merasa gagal menjadi guru. Waktu itu seorang siswa di kelas saya, kelas 5, tidak mau masuk sekolah dan akhirnya pindah sekolah. Kejadian itu membuat saya down, merasa gagal dan tidak mampu mengatasi masalah. Semangat dan kepercayaan diri saya pun menurun.

ID

Tantangan Menjadi Guru Profesional

Menurut peraturan yang berlaku, guru profesional harus menguasai empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Saya adalah guru yang sudah memenuhi kriteria di atas. Meskipun demikian, saya tetap menghadapi tantangan dalam menjalankan peran sebagai guru profesional.

ID

Belajar Menghadapi Tekanan

Menjadi pendidik di sekolah berkurikulum nasional plus memang membutuhkan tenaga ekstra, baik dari segi fisik, dalam mengajar, dalam berperilaku, serta dalam memahami karakteristik peserta didik. Tak heran bila guru di sekolah berkurikulum nasional plus menghadapi tekanan lebih tinggi dibandingkan sekolah yang tidak berbayar.

ID

Beban Administrasi Penghambat Inovasi

Dunia pendidikan mulai membuka mata ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Nadiem Makarim berpidato saat memperingati Hari Guru. Dalam pidatonya, Mendikbud menyentil banyaknya tugas guru yang bersifat administratif. Guru dituntut untuk mengerjakan berbagai tugas administrasi yang menyita waktu sehingga mengurangi tupoksinya dalam mengajar dan berinovasi di kelas.

ID

Prioritas Guru CPNS

Menurut saya, seharusnya guru yang dapat melamar CPNS adalah guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik saja. Bila kebijakan ini diterapkan, maka peningkatan kualitas pembelajaran maupun kualitas siswa akan terjadi lebih cepat. Bila melihat banyaknya universitas yang telah membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG), serta banyaknya lulusan dari program tersebut, semestinya kebijakan ini tidak sulit diterapkan.

ID