Wednesday, 2 September 2020
Kecurangan dalam ujian akan menurunkan tingkat akurasi penilaian kemampuan murid, dan dapat membelokkan fokus guru dan murid dari pembelajaran. Jika sudah meluas, praktik curang lebih sulit dicegah. Kami mengevaluasi dampak dari pengenalan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada nilai ujian...
Monday, 3 August 2020
Apa yang mendorong inovasi pendidikan muncul di tingkat lokal? Untuk menjawab pertanyaan ini kami meneliti tiga kabupaten/kota di Indonesia dengan inovasi pendidikan yang cukup baik. Tujuan khusus kami adalah untuk memahami bagaimana inovasi yang muncul tersebut dipengaruhi oleh sosial budaya...
Monday, 29 June 2020
Mengapa begitu sulit bagi Indonesia untuk merekrut guru yang baik? Kami berpendapat bahwa sulitnya untuk merekrut guru yang baik dikarenakan masalah kelembagaan, ekonomi politik, dan dinamika sosial dari proses perekrutan. Kami akan membahas tiga faktor yang mendukung masalah tersebut dalam laporan...
Friday, 13 March 2020
Laporan ini menguraikan dampak dari tiga intervensi yang menghubungkan pemantauan berbasis masyarakat dengan tunjangan dari pemerintah untuk guru-guru yang bekerja di daerah terpencil di Indonesia.
Friday, 30 November 2018
Dalam dua puluh tahun terakhir, Indonesia telah menjalankan reformasi pendidikan yang luas. Namun, penilaian internasional terbaru atas pembelajaran siswa di Indonesia mengindikasikan bahwa reformasi tersebut tidak membuahkan capaian pembelajaran yang baik—kinerja pendidikan Indonesia rendah dan...