Tentang Program RISE

 

Program RISE (Research on Improving Systems of Education) penelitian multinegara berskala besar untuk mendukung peningkatan pembelajaran siswa di seluruh dunia. Inisiatif global ini dimulai pada 2015 sebagai respons terhadap kondisi pendidikan dunia yang sedang mengalami krisis pembelajaran, meskipun angka partisipasi sekolah telah meningkat hingga 90 persen dalam 25 tahun terakhir.

Laporan Pemantauan Global UNESCO 2014 menyebutkan sebanyak 250 juta anak di dunia tidak dapat membaca, menulis, atau mengerjakan soal matematika dasar; padahal, lebih dari setengahnya masih bersekolah.

Program RISE saat ini dilaksanakan di enam negara: Ethiopia, India, Pakistan, Tanzania, Vietnam, dan Indonesia. Penelitian Program RISE di Indonesia akan berfokus pada pendidikan di tingkat dasar, yaitu SD dan SMP.

Program RISE di Indonesia

Program RISE di Indonesia Program RISE di Indonesia dikelola dan dipimpin oleh The SMERU Research Institute yang bekerja sama dengan the Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research. Program RISE di Indonesia akan mengkaji Reformasi Guru di Tingkat Nasional (Reform Area A) dan Inovasi Kebijakan Pendidikan di Daerah (Reform Area B).