Laboratorium Pembelajaran

Sociocultural Drivers of Local Educational Innovations: Findings from Indonesia

Apa yang mendorong inovasi pendidikan muncul di tingkat lokal? Untuk menjawab pertanyaan ini kami meneliti tiga kabupaten/kota di Indonesia dengan inovasi pendidikan yang cukup baik. Tujuan khusus kami adalah untuk memahami bagaimana inovasi yang muncul tersebut dipengaruhi oleh sosial budaya kabupaten/kota setempat.

ID

Belajar berlari sebelum bisa berjalan: Analisis tingkat sistem atas pendidikan di Indonesia

Niken Rarasati, peneliti RISE, mempresentasikan pengalaman RISE dalam membantu kota/kabupaten di Laboratorium Pembelajaran RISE, yaitu Kabupaten Kebumen (Jawa Tengah), Kabupaten Way Kanan (Lampung) Kota Bukittinggi (Sumatera Barat), dan Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta) agar memiliki kemampuan yang cukup untuk memenuhi standar pendidikan nasional.

ID

Struktur Sosial dan Inovasi Pendidikan Daerah di Indonesia

Shintia Revina, peneliti RISE, mempresentasikan temuan awal studi Reformasi Area B: Inovasi Kebijakan Pendidikan di Tingkat Kota/Kabupaten dari tiga kota/kabupaten yang memiliki inovasi pendidikan di Indonesia, yaitu Kabupaten Gowa (Sulawesi Selatan), Kota Bukittinggi (Sumatera Barat), dan Kota Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta) pada The Australasian AID Conference (AAC) yan

ID

Education Outlook 2020: Revolusi Pendidikan Tinggi di Indonesia

Program RISE di Indonesia diundang sebagai pembicara dalam acara diskusi Education Outlook 2020: Revolusi Pendidikan Tinggi di Indonesia pada Rabu, 22 Januari 2020. Acara yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Pendidikan itu bertujuan mendapatkan informasi, masukan, serta kajian mengenai pendidikan di Indonesia dari para peneliti dan pegiat isu pendidikan.

ID