Catatan Kebijakan

Belajar dari Rumah: Potret Ketimpangan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19

Sarana belajar dan dukungan orang tua yang sangat beragam antarmurid, bahkan dalam kelas yang diajar oleh guru yang sama, menyebabkan praktik belajar dari rumah sangat bervariasi. Kondisi ini menyebabkan ketimpangan pembelajaran antarmurid makin lebar. Murid dengan dukungan terbatas paling merasakan dampak negatif dihentikannya kegiatan belajar di sekolah.

ID

Memulihkan Penurunan Kemampuan Siswa Saat Sekolah di Indonesia Dibuka Kembali: Pedoman bagi Pembuat Kebijakan

Beberapa simulasi menunjukkan bahwa ditutupnya sekolah atau dihentikannya kegiatan belajar mengajar reguler akibat pandemi COVID-19 dapat menyebabkan penurunan kemampuan siswa yang lebih besar dibandingkan penurunan kemampuan siswa akibat libur sekolah.

ID

Analisis Awal terhadap Faktor Pendorong Ketimpangan dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tingkat Sekolah Dasar

Agar peserta didik tetap mendapatkan layanan pendidikan di tengah pandemi COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerapkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). The SMERU Research Institute menemukan ketimpangan dlm penerapan PJJ yang berpotensi memengaruhi hasil belajar murid.⁠ Ketimpangan ini terjadi akibat praktik penerapan PJJ yang bervariasi. SMERU pun melakukan analisis awal terhadap faktor pendorong ketimpangan dalam penerapan PJJ di tingkat SD.⁠

ID