Video

Mendorong Lahirnya Inovasi Pendidikan di Tingkat Daerah

Sejak desentralisasi, pemerintah kabupaten dan kota memiliki keleluasaan dalam menerapkan kebijakan demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Namun, berdasarkan temuan RISE, ternyata banyak pemerintah daerah yang kapasitasnya belum cukup untuk mendesain inovasi kebijakan pendidikan di daerahnya masing-masing.

Lalu, bagaimana cara membantu pemerintah daerah agar mereka bisa melahirkan inovasi kebijakan pendidikan sesuai dengan konteks dan kebutuhan masing-masing? Mari simak videonya!

ID

Learn and Unlearn: Dukungan Dibutuhkan Bagi Para Guru Pembangun Peradaban

Bagaimana potensi kolaborasi antarpihak, terutama organisasi independen dan komunitas guru, yang dapat mendukung kebutuhan guru yang beragam dan meningkatkan kualitas pembelajaran? Simak episode keempat seri siniar pendidikan "Learn and Unlearn", yang merupakan kolaborasi dari Program RISE di Indonesia, Tanoto Foundation, dan Papan Tulis Podcast, para narasumber.

ID

Learn and Unlearn: Kebijakan Berbasis Bukti, Tawaran Solusi di Era Desentralisasi

Bagaimana peran pemangku kebijakan di tingkat pusat, daerah, dan satuan pendidikan dalam kolaborasi mendorong kebijakan berbasis bukti sebagai upaya menciptakan inovasi pendidikan? Simak episode ketiga seri siniar pendidikan "Learn and Unlearn", yang merupakan kolaborasi dari Program RISE di Indonesia, Tanoto Foundation, dan Papan Tulis Podcast.

ID

Learn and Unlearn: Kemampuan Literasi dan Numerasi Tertinggal, Mampukah Indonesia Mengejar?

Bagaimana kolaborasi antar pihak menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dasar, terutama untuk kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi? Simak episode pertama seri siniar pendidikan "Learn and Unlearn", yang merupakan kolaborasi dari Program RISE di Indonesia, Tanoto Foundation, dan Papan Tulis Podcast.

ID

Reform Unreformed Seri Kedua: Mengadaptasi Pendekatan Praktik Baik Untuk Inovasi Pendidikan

Sejak desentralisasi, pemerintah kabupaten dan kota memiliki keleluasaan dalam menerapkan kebijakan demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Namun, berdasarkan hasil temuan Program RISE, ternyata banyak pemerintah daerah belum mampu membuat kebijakan pendidikan yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan masing-masing.

ID

Reform Unreformed Seri Kedua: Mengukur Pembelajaran dan Belajar dari Pandemi

Delbet Lim berbagi temuan penting dari studi Program RISE di Indonesia yang mengkaji pembelajaran siswa selama pandemi COVID-19. Temuan tersebut turut memperkuat soal pentingnya mengukur kemampuan siswa. Selain itu, hasil pengukuran kemampuan siswa juga dapat memberikan petunjuk mengenai bagaimana seharusnya siswa belajar dan materi apa yang paling tepat untuk diajarkan kepada mereka.

ID

Reform Unreformed Seri Kedua: Berkomitmen Terhadap Penguasaan Kemampuan Dasar

Bagaimana sistem pendidikan perlu berkomitmen memastikan setiap siswa yang bersekolah memiliki penguasaan kemampuan dasar literasi dan numerasi yang mendalam bukan hanya sekadar mampu membaca, menulis, dan berhitung? Simak diskusi Luhur Bima dan Anwari, host Podcast Papan Tulis, pada seri kedua "Reform Unreformed"!

ID